Jumat, 17 Juni 2011

Pemuda Menjadi Lokomotif Mengembangkan Gerakan Pramuka


Jakarta: Hari Kamis, (16/6) pagi, Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan, Lalu Wildan, membuka Dialog Pembangunan Karakter Bangsa dan Wawasan Globalisasi Dalam Kerangka Kepramukaan di Hotel Century, Jakarta. Dialog tersebut dihadiri oleh beberapa 30 Universitas dari Indonesia yang diwakili oleh Pembantu Rektor III Bidang Kepemudaan dan perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).


Dalam sambutanya, Wildan mengatakan peran Pramuka selama ini penting untuk segera dilaksanakan dengan maksimal, apalagi setelah memiliki payung hukum setelah ditetapkanya Undang-Undang Gerakan Pramuka. Oleh karena itu dia berharap banyak kepada pelaksana pendidikan yang ada di kampus atau sekolah-sekolah agar bisa menjadikan pramuka menjadi salah satu pilar utama kegiatan pemuda.


"Dengan disahkanya Undang-Undang Gerakan Pramuka, kita memiliki pedoman dan pegangan untuk menjalankan kegiatan Pramuka dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu Kemenpora akan terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia anak-anak muda kita untuk bersaing dan mempertahankan masa depan bangsa dengan kegiatan Pramuka. Yang menjadi lokomotif untuk menjalankan kegiatan Pramuka ini bisa berjalan baik, yakni ada di kampus-kampus seperti kegiatan BEM," kata Lalu Wildan.


Bagi Wildan, Pramuka merupakan salah satu ladang untuk mengatasi masalah Radikalisme dan Pluralisme yang selama ini banyak terjadi. "Gerakan Pramuka sebagai salah satu bentuk kegiatan yang membuka potensi strategis untuk para pemuda, khususnya menghadapi masalah Radikalisme seperti banyaknya perekrutan pemuda menjadi seorang teroris. Kemenpora ke depan akan terus mengembangkan Pramuka dengan maksimal. Saya berharap dari dialog ini bisa menghasilkan pemikiran-pemikiran baru untuk Pramuka," tambah Wildan.


Pada acara dialog ini menghadirkan pembicara, yakni Staf Ahli Bidang Revitalisasi Gerakan Pramuka, Amran Razak, Staf Ahli Deputi Bidang Pengembangan Pemuda, Deibel Effendi. (amr)


sumber: kemenpora.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | free samples without surveys